Penulisan Daftar Pustaka

      Komentar Dinonaktifkan pada Penulisan Daftar Pustaka

      Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Format perujukan pustaka mengikuti cara Harvard atau cara Vancouver. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan.

      Daftar pustaka adalah bagian dari karya tulis ilmiah baik itu artikel, skripsi, makalah, jurnal, buku,internet, dan bentuk lainnya yang berisi tentang sumber sumber materi yang digunakan didalamnya. Daftar pustaka wajib dibuat untuk sebuah karya ilmiah. Dengan adanya daftar pustaka tersebut, pernyataan dan apa yang kita buat dalam tulisan tersebut memiliki pendukung sehingga dapat dikatakan karya tulis tersebut dapat dipercaya.

      Membuat karya tulis tanpa menggunakan daftar pustaka sedikitpun walaupun pada dasarnya anda mengambil beberapa referensi, maka anda dapat dikatakan plagiator dan melanggar undang undang hak cipta. Hal ini bertambah parah bila tidak ada catatan kaki dalam karya tulis ilmiah anda. Jadi, bagaimana cara membuat daftar pustaka untuk karya tulis ilmiah. Menurut beberapa referensi, metode harvard style for reference merupakan daftar pustaka yang paling baik dan ilmiah. Adapun untuk jurnal medis dan biomedis ada baiknya menggunakan metode vancouver style. Hal ini karena daftar pustaka membutuhkan cititation atau catatan kaki, menggunakan harvard style untuk jurnal medis yang membutuhkan banyak referensi akan memperumit penulisan sedangkan menggunakan vancouver style yang menggunakan penanda angka pada cititationnya membuatnya lebih mudah.

Sistem Vancouver menggunakan cara penomoran (pemberian angka) yang berurutan untuk menunjukkan rujukan pustaka (sitasi). Dalam daftar pustaka, pemunculan sumber rujukan dilakukan secara berurut menggunakan nomor sesuai kemunculannya sebagai sitasi dalam naskah tulisan, sehingga memudahkan pembaca untuk menemukannya dibandingkan dengan cara pengurutan secara alfabetis menggunakan nama penulis seperti dalam sistem Harvard. Sistem ini beserta variasinya banyak digunakan dibidang kedokteran dan kesehatan Contoh pembuatan daftar pustaka vancouver style dapat didownload link dibawah ini :

Vancouver

book

Book

Reference