North American Nursing Diagnosis Association (NANDA International)

      Komentar Dinonaktifkan pada North American Nursing Diagnosis Association (NANDA International)

Keperawatan merupakan salah satu profesi kesehatan dimana berfokus untuk mengatasi masalah kesehatan aktual ataupun potensial yang terjadi pada pasien. Dalam proses pemberian asuhan keperawatan pada pasien, dikenal dengan Proses keperawatan yang terdiri pengkajian (anamnesa), perumusan diagnosa, intervensi, implementasi dan evaluasi.

Setiap bagian dalam proses keperawatan sangatlah penting dan berkesinambungan. Salah satu elemen vital dalam proses keperawatan yaitu penentuan diagnosa keperawatan. Diagnosa keperawatan disini, berbeda dengan diagnosa medis. Jika diagnosa medis berfokus menangani masalah berdasarkan pathway patofisiologi penyakit, diagnosa keperawatan ditegakkan berdasarkan respon dari masalah kesehatan yang dialami baik aktual maupun potensial.

Contoh simpelnya, ketika pasien mengalami masalah medis sebut saja stroke. Maka tatalaksana medis yang dilaksanakan berdasarkan pedoman penanganan stroke, seperti pemberian obat anti hipertensi, vitamin otak, ataupun pengobatan untuk melebarkan pembuluh darah. Sedangkan keperawatan, yang berbasis pada respon terhadap masalah stroke seperti ketidakmampuan melaksanakan aktivitas sehari-hari seperti makan, berpakaian, ataupun latihan fisik.

Pedoman pendiagnosaan keperawatan bermacam-macam, salah satu yang paling umum digunakan yaitu  North American Nursing Diagnosis Association (NANDA International).

  1. Format-Askep
  2. Catatan Perkembangan Keperawatan
  3. Asuhan-Keperawatan