PETUNJUK PELAKSANAAN DAN KOMPETENSI PRAKTEK KLINIK KEPERAWATAN

      Komentar Dinonaktifkan pada PETUNJUK PELAKSANAAN DAN KOMPETENSI PRAKTEK KLINIK KEPERAWATAN
PRAKTEK KLINIK KEPERAWATAN MAHASISWA/I D III KEPERAWATAN HELVETIA MEDAN TAHUN AJARAN 2016 / 2017
  1. LATAR BELAKANG
Sesuai kurikulum program Diploma D III Keperawatan Tahun Ajaran 2016/2017 pendistribusian mata kuliah keperawatan maternitas, mata ajar ini menekankan pada kemampuan peserta didik untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, kegiatan belajar mengajar dirancang untuk memberikan kesempatan pada mahasiswa memperoleh kemampuan yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap.
  1. TUJUAN
  2. Tujuan Umum
Setelah melaksanakan praktik klinik keperawatan maternitas, mahasiswa/i dapat memberikan asuhan keperawatan kepada ibu selama masa kehamilan, persalinan, post partum, dan perawatan pada bayi baru lahir.
  1. Tujuan khusus
Setelah melaksanakan praktik klinik keperawatan maternitas, mahasiswa/i dapat:
  1. Melakukan pengkajian keperawatan pada ibu selama masa kehamilan, persalinan, post partum, dan perawatan pada bayi baru lahir.
  2. Menentukan diagnosa keperawatan pada ibu selama masa kehamilan, persalinan, post partum, dan perawatan pada bayi baru lahir.
  3. Merencanakan tindakan keperawatan pada ibu selama masa kehamilan, persalinan, post partum, dan perawatan pada bayi baru lahir.
  4. Melaksanakan tindakan keperawatan pada ibu selama masa kehamilan, persalinan, post partum, dan perawatan pada bayi baru lahir.
  5. Mengevaluasi asuhan keperawatan pada ibu selama masa kehamilan, persalinan, post partum, dan perawatan pada bayi baru lahir.
  6. Mendokumentasikan tindakan keperawatan pada ibu selama masa kehamilan, persalinan, post partum, dan perawatan pada bayi baru lahir.
  1. Ketrampilan yang dicapai
    1. Menggunakan proses keperawatan dalam melaksanakan keperawatan pada pasien dengan masalah kesehatan.
      • Asuhan keperawatan pada ibu antenatal
      • Asuhan keperawatan pada ibu intranatal
      • Asuhan keperawatan pada ibu postnatal
      • Asuhan keperawatan pada bayi baru lahir
      • KIA dan KB serta imunisasi
      • Gizi